Monday 18 February 2013

Benda Langit

Apasih yang kamu kethui tentang benda langit ? mungkin artikel yang saya buat dapat menambah pengetahuan tentang bedan langit. Walupun artikel ini saya membuatnya tidak lengkap tapi mungkin dapat menambahkan pengetahuan tentang benda langit.
Pendahuluan
Pada langit malam yang cerah (dan tidak mendung), cobalah lihat ke langit. Maka anda akan melihat bintang-bintang di langit yang jumlahnya tergantung pada kualitas langit tempat kita berada. Bintang terlihat berkelip-kelip di langit. Terkadang kita melihat titik terang yang tidak berkelip-kelip. Itulah planet. Selain benda-benda langit yang telah disebutkan di atas. Ternyata masih banyak lagi jenis benda-benda lain yang mengisi alam semesta ini. Kita coba keluar dari “rumah” kita, planet Bumi dan mengenal benda-benda yang tersebar di alam semesta. Mari kita telusuri satu persatu.
Tata surya
Ketika pertama kali keluar dari Bumi, kita akan bersentuhan dengan Tata Surya. Sebuah sistem dengan satu bintang (yang kita sebut Matahari) sebagai pusatnya dan dikelilingi oleh jutaan benda, termasuk planet, asteroid, komet, planet kerdil dll. Sekarang coba kita telusuri keluarga Tata Surya kita.
Ada 8 planet di Tata Surya kita (setelah Pluto tidak didefinisikan lagi sebagai Planet semenjak tahun 2006). Coba sebutkan urutannya berdasarkan letaknya terhadap matahari ! Dari kedelapan planet itu, ada pola yang jelas untuk memisahkan mereka..
  1. Planet terrestrial(berstruktur batuan)
  • Mars
  • Bumi
  • Venus
  • merkurius
  1. Planet jovian(berbentuk bola gas)
  • Jupiter
  • Saturnus
  • Uranus
  • Neptunus
Benda-benda Kecil
Satelit
Ada ratusan satelit alami yang berputar mengelilingi planet induknya. Sangat disarankan untuk mengahafal satelit-satelit yang terkenal (biasanya satelit yang besar-besar) di masing-masing planet.

Cincin
Biasanya dimiliki oleh Planet Jovian. Cincin yang terkenal adalah cincin yang dimiliki oleh planet Saturnus karena terlihat dari bumi (menggunakan teropong). Cincin dari Saturnus begitu terlihat karena albedo (daya pantul) yang besar, contoh yang kita bisa lihat adalah saturnus, saturnus memiliki cicin yang terlihat sangat jelas.
Sabuk Asteroid
Terletak antara 2,2 – 3,3 SA (1 SA = jarak matahari – bumi). Asteroid terdiri dari batuan- batuan yang mengandung berbagai macam komposisi. Diameternya memiliki rentang beberapa meter sampai dengan ratusan kilometer. Contoh : Ceres (940 km), Palas (540 km).
Sabuk Kuiper dan awan Oort
berada di luar (dan sekitar) orbit neptunus. Sabuk Kuiper terdiri dari batuan es yang terdorong keluar karena angin matahari. Dengan komposisi yang hampir sama seperti sabuk Kuiper, awan Oort terletak di daerah yang lebih luar lagi. Sabuk Kuiper merupakan asal dari komet-komet jangka pendek (periode revolusinya pendek), sedangkan awan Oort merupakan asal dari komet-komet jangka panjang.
Matahari
Matahari merupakan bintang yang menjadi pusat Tata Surya kita. Matahari bersinar karena adanya reaksi fusi di intinya. 4 inti Hidrogen yang bersatu dalam temperatur dan tekanan yang sangat tinggi akan berubah menjadi 1 inti Helium dan disertai dengan terlepasnya energi. Energi inilah yang menjadi penyebab matahari bersinar begitu hebatnya.
Matahari berjarak 150 juta km dari bumi. Jarak tersebut menjadi patokan atau satuan jarak dalam astronomi untuk menghindari angka yang terlalu besar bila jaraknya ditetapkan dalam kilometer. (150 juta km = 1 Satuan Astronomi). Temperatur di inti matahari mencapai 15.000.000 K dan temperatur di permukaannya sekitar 6.000 K.
Kalau kita naik mobil dengan kecepatan 100 km/jam, kita butuh waktu 171 tahun untuk sampai ke matahari. Cahaya dari permukaan matahari membutuhkan waktu sekitar 8 menit untuk mencapai Bumi. Oleh karena itu, bila matahari tiba-tiba mati detik ini. Kita baru menyadarinya 8 menit
Bintang
Bintang terdekat dari bumi kita adalah matahari (Ingat! Matahari juga bintang). Bintang terdekat kedua adalah bintang Proxima Centaury.
Proxima centauri hanyalah salah satu bintang lain di antara miliyar bintang-bintang lainnya. Dan di bintang-bintang tersebut ada yang memiliki sistem planet seperti tata surya kita. Planet-planet yang berada di luar Tata Surya kita atau menginduk pada bintang lain disebut extrasolar planet.
Nanti kita akan berkenalan lebih mesra lagi dengan bintang-bintang.
Nebula
Nebula merupakan awan hidrogen tempat lahirnya bintang-bintang. Nebula baru membentuk bintang bila terdapat gangguan di sekitarnya yang menyebabkan nebula tsb memampat. Sehingga tercerai berai menjadi bintang-bintang yang terbentuk bersamaan di satu “rahim” nebula. (mekanisme terbentuknya bintang di nebula secara detail kita bahas nanti)
Planetary Nebulae
Jangan tertipu dengan kata planetary. Tidak ada hubungan dengan planet sama sekali. Planetary Nebulae merupakan sisa-sisa dari ledakan bintang yang mati. Bintang bermassa besar akan mati dengan heboh (dengan ledakan). Ledakan tersebut yang menyebabkan gas-gas di bintang itu berhamburan. (mekanisme yang menyebabkan bintang bisa meledak akan dibahas nanti)
Galaksi
Benda-benda yang telah kita sebutkan di atas jumlahnya sangat banyak sekali. Mereka berkumpul dalam satu sistem yang disebut Galaksi. Galaksi merupakan sistem yang trdiri dari miliyaran bintang. Bentuk Galaksi bermacam-macam, menurut bentuknya yang terlihat dari bumi, galaksi pada umunya dibagi menjadi 3 jenis : Galaksi elips, galaksi spiral,dan galaksi spiral berpalang.
Galaksi tempat kita berada biasa disebut Galaksi Bimasakti atau orang-orang Barat menyebutnya Milky Way. Matahari berada di pinggiran Galaksi dan jaraknya ke pusat galaksi adalah 30.000 tahun cahaya. Galaksi bimasakti memiliki diameter 100.000 tahun cahaya. Galaksi besar tetangga kita terdekat adalah Galaksi Andromeda yang jaraknya 2 miliyar tahun cahaya.